Kisruh Zonasi PPDB, Retno: Sistem Zonasi Tidak Begitu Mengutamakan Nilai UN

Sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru tahun ini, pun menuai kontroversi. Regulasi yang diambil dari peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 17 tahun 2017 ini, disambut kritikan dan protes orang tua, di berbagai daerah.
Ikuti berita terbaru di tahun 2018 dengan kemasan internasional berbahasa Indonesia, dan jangan ketinggalan breaking news 2018 dengan berita terakhir dan live report CNN Indonesia di www.cnnindonesia.com dan channel CNN Indonesia di Transvision.
Dalam tahun politik dan Pilkada 2018, CNN Indonesia mencanangkan sebagai Layar Pemilu Tepercaya. Kami akan menayangkan konten-konten Pilkada 2018 secara seimbang untuk mengawal demokrasi dan demokratisasi di Indonesia yang kami cintai.
CNN Indonesia tergabung dalam grup Transmedia. Dalam Transmedia, tergabung juga Trans TV, Trans7, Detikcom, Transvision, dan CNN Indonesia.com.
Follow & Mention Twitter kami:
@myTranstweet
@cnniddaily
@cnnidconnected
@cnnidinsight
@cnnindonesia
Like & Follow Facebook:
CNN Indonesia
Follow IG:
cnnindonesia

Unduh video

Komentar

  • "Orang pintar kalah dngan orang bjo"

    Fransiskus XaveriusFransiskus XaveriusHari Yang lalu
  • "Kami bukan bahan eksperimen pak menteri" Dear Kemendikbud

    Fransiskus XaveriusFransiskus XaveriusHari Yang lalu
  • Saya tersingkir dgn rival saya yg jaraknya sama 2.40 jam daftarnya sama tapi nilai akhir UN tinggi saya malah dia yg keterima wahhhh gmna pak tolong lah

    Fransiskus XaveriusFransiskus XaveriusHari Yang lalu
  • INDONESIA blom siap zonasi kok dah dimulai hadeeeeh saya korbanya

    Fransiskus XaveriusFransiskus XaveriusHari Yang lalu
    • Serah lu pak pak

      Fransiskus XaveriusFransiskus XaveriusHari Yang lalu
    • Mau di bwa kmna pak pendidikan

      Fransiskus XaveriusFransiskus XaveriusHari Yang lalu
  • Ngapain ya anak2 mati2an belajar sejak jauh2 hari utk persiapan UN, pemerintah juga buang duit banyak utk penyelenggaraan UN tp akhirnya seleksinya cuma berdasar zona. Masuk akal nggak sih? Mbok udah kalo begitu UN dihapus aja, drpd uang ratusan milyar buat penyelenggaran UN, lalu nilainya gak dipake, mending buat mbangun sekolah2 baru.. Di kecamatan/kelurahan yg jumlah sekolah kurang. Trus yg mo sklh di sklh favorit juga nggak perlu belajar. Cukup setahun sblmnya pindah rumah aja deket sklh favorit. Beres atuh.. 😖

    Pratiwi SuciPratiwi Suci2 hari yang lalu
  • Sarat2 sdh penuh, kataya sdh habis kursinya.... tp kenapa kepala sekolah menawarkan berani berapa bYar kursi....

    warno wong kotayasa gentingwarno wong kotayasa genting4 hari yang lalu
  • Sistem Sontoloyo Tiap Tahun Bikin Kacau Dunia Pendidikan...Mematikan Motivasi Belajar Anak...Sontoloyo

    Danni Eko SDanni Eko S5 hari yang lalu
  • NHUN 190,00 bisa mengalahkan NHUN 270,00 mau jadi apa Anak bangsa ini...

    Ian FinNoIan FinNo6 hari yang lalu
  • Gak da sisi positifnya karena sekolah belum merata, harusnya sekolah se nusantara di perbaiki dulu disiapkan dulu, baru dijalankan sistem zonasi jadi masyarakat bisa nerima karena sekolahnya semua fasilitas sama. Dan gak perlu lagi ada UAN karen udah gak dipake lagi buat masuk sekolah, cukup melihat zonasi aja cukup. Gak usah deh ada ujian akhir segala

    Rafathar officialRafathar official7 hari yang lalu
  • Gak usah sekolah di negri, mondok aja semua atau di sekolah swata. Biar sekolah negri kosong gak punya murid. Sekolah bagus itu juga karena jerih payah siswa sebelumnya . Gak mikir

    Rafathar officialRafathar official7 hari yang lalu
  • Buat apa ada UAN, siswa pengen nilai tinggi buat daftar ke sekolah favorit. Kalo mau sistem zonasi perbaiki dulu mutu sekolah seluruh indo harus rata dan sama. Kalau tidak ya otomatis zonasi tidak bisa dilakukan. Bikin drop

    Rafathar officialRafathar official7 hari yang lalu
  • Zonasi tidak bermutu biar anak nya bego juga di terima, gue kecewa system zonasi .

    Gojek sejati naimkelanaGojek sejati naimkelana7 hari yang lalu
  • Sistem zonasi yg diuntungkan orang" yg rumahnya atau tempat tinggalnya paling dekat dengan sekolah,padahal nilai SHUN nya jeblok...

    Achmad MuzahidAchmad Muzahid7 hari yang lalu
  • Sistem zonasi yg diuntungkan orang" yg rumahnya atau tempat tinggalnya paling dekat dengan sekolah,padahal nilai SHUN nya jeblok...

    Achmad MuzahidAchmad Muzahid7 hari yang lalu
  • Tar pake nilai UN.... Orang tua yang anaknya kurang dari standard merasa diskriminasi dan minder karena tidak bisa diterima di sekolah favorite... Hahah serba salah.. Udah masuk swasta aja

    KOKO SMILEKOKO SMILE8 hari yang lalu
  • korban zonasi🙂

    Khesza AoraaaKhesza Aoraaa8 hari yang lalu
  • sistem ini belum saatnya di terapin di indonesia...

    Ibnu bayhaqiIbnu bayhaqi8 hari yang lalu
  • Mana buktinya zonasi anaknya NEM nya kecil juga g masuk sekloh dekat akirnya masuk SMA suwasta...

    Eni StyawatiEni Styawati8 hari yang lalu
    • Kebijakan baru +62 membingungkan ga jelas kaya jodoh aja

      Udin YonoUdin Yono7 hari yang lalu
  • Bukan urusan saya 😁😁😁

    Rudi ParyantoRudi Paryanto8 hari yang lalu
  • Inilah negara +62 di mana,semakin lama semakin susah masuk sekolah😅

    Adnan NavisAdnan Navis8 hari yang lalu
  • Ini berlaku tidak untuk sma

    JAKE ADVENTUREJAKE ADVENTURE8 hari yang lalu
  • Zonasi, sekalian donk jng tanggung2 sd sampai kuliah dan kerja jg pakai zonasi

    Chandra PermanaChandra Permana9 hari yang lalu
  • Mendikbudnya ga layak harus diganti buat kebijakan yg polemik dimasyarakat..

    Chandra PermanaChandra Permana9 hari yang lalu
  • Kalau tiap sekolah tidak mengutamakan kwalitas...awasss...😠

    Ervina FeronikaErvina Feronika10 hari yang lalu
  • Sedih banget gara gara adanya sistem zonasi impian yang Kita kejar selamat 3 tahun mau masuk sekolah idaman malah lenyap Karena adanya sistem ini😭

    Agam maulanaAgam maulana10 hari yang lalu
  • Eh pak mentri sadar dong ingat mati ,punya aturan tu yg mudah untuk pendidikan .....makin gk bener negara ni

    Indi SultanIndi Sultan10 hari yang lalu
  • Anak sy rata rata nilai 9,tp gak bisa msk sklh yg diinginkan padahal sdh berusaha belajar ,les sana sini untuk dpt nilai itu ..mulai sekarang gak usah belajar keras tinggal kt pindah KK sj.

    Iyos RostikaIyos Rostika10 hari yang lalu
  • Jd kalo nem ngak digunakan untk pendaftaran smp/sma yg diinginkan.. ,untk ap msh dilakukan?, untk ap kami les buang waktu blajar untk bis amasuk sma yg kami inginkan?, ak muali setuju dengan kata" tmn yg sering bolos untk ap blajar nilai tinggi nanti jg ke skola terdekat enk santai.., rasany ngebuang waktu aj

    tired alldaystired alldays11 hari yang lalu
  • kenapa harus zonasi? apa alasan memakai zonasi?

    Berani KotorBerani Kotor11 hari yang lalu
  • Kata siapa ga mengutamakan nilai UN? Nilai lebih kecil dari yang lainnya aja bisa kegeser

    DoraemonDoraemon11 hari yang lalu
  • Lalu siswa siswi yang masuk SMA pake sistem zonasi, ntar kelanjutan buat kuliahnya begimana yaaaa

    Frida EriskaFrida Eriska12 hari yang lalu
  • Mumet,smerauwut,ga ngehargai nillai siswa,Ketipu jalur zonasi......ganti mentri pendidikannya,

    Herman HungkulHerman Hungkul12 hari yang lalu
  • Klo begitu nilai UN tidak begitu penting dong.... Jika seperti itu UN dihapus aja ... Tanggung2 nilai UN bagus tapi TDK diterima disekolah yg diinginkan...

    Qodim MuqodimQodim Muqodim12 hari yang lalu
  • Jgn takut ibu/bpk,sistem zonasi non zonasi tdk dipake.. lanjutkan anak nya masukin favorit,dijakarta ga ada zonasi.NOL BESAR ZONASI

    Eko Bocor20kvEko Bocor20kv12 hari yang lalu
  • Peraturan yg memberi luang untuk korupsi tolong presiden Jokowi supaya diperhatikan karena mutu pendidikan sekarang jauh lebih buruk birokrasinya terlalu belibet kalo ga becus pecat aja mentrinya bukan makin dekat dgn sekolah tapi sulit untuk anak yg berprestasi untuk memilih sekolah kualitas bukan ditentukan oleh jarak tempuh....kaya ojek online aja itu ga bener....jadi semrawut semuanya

    Endang SutisnaEndang Sutisna12 hari yang lalu
  • Zonasi sekolah 1 km di karenakan siswa yg mendaftar banyak dan di peroleh angka 1 km itu .yg lebih dari itu tidak di terima...coba ke solah lain tidak di terima coba sekolah lain juga tidak di terima alasannya sama di zonasi...harus sekolah dimana...

    Syah DanSyah Dan12 hari yang lalu
  • Maksudnya tahun lalu

    Cok AdiCok Adi12 hari yang lalu
  • Untung saya udah lulus

    Cok AdiCok Adi12 hari yang lalu
  • Indonesia ko nga mandiri bisanya nyontek ke negara as mandiri dong pa mentri

    Budi HartonoBudi Hartono12 hari yang lalu
  • Tetap menyusahkan sistim jenjang pendidikan harus di robah lagi

    Yasin MaarifYasin Maarif12 hari yang lalu
  • UN nya di hapus aja bab UN tu biayanya ga sedikit

    Yasin MaarifYasin Maarif12 hari yang lalu
  • Peraturan yg membingungkan aturan itu. ga nyambung dg UN nem tinggi kalah dg yg deket dg sekolah jan ra genah aturan ngawur

    Yasin MaarifYasin Maarif12 hari yang lalu
  • Di kecamatan gw msh aja sekolah favorit

    Yosafat SimbolonYosafat Simbolon12 hari yang lalu
  • gimana ini sistem sekarang kalau tau aku ngak usah un

    Akhul Adzim06Akhul Adzim0612 hari yang lalu
  • Ngga pengaruh juga sih zonasi .. Jarak sekolah smp anak sya dr rumah kesekolah hanya 500m..tp krn nem anak saya tdk memenuhi syarat tetep g masuk dan tetep nem yg besar yg masuk.. Padahal domisili mereka g di sekitar ... Bahkan ada yg sampe kk nya menumpang .. G ngerti deh caranya...

    Dian AnggraeniDian Anggraeni12 hari yang lalu
  • Wes karepmu ta wong" ,kabeh aturan seng digawe menungso iku ora ono seng sempurno tapi ora gelem disalahno,yo tetep ae rakyat seng ngrasakno akibate,yen rakyat susah mergo aturan opo yo ngunu iku aturan seng bener.????

    Bakron HartoBakron Harto12 hari yang lalu
  • Anak nilai UN 22 koma diterima karena ortunya memiliki KK/KTP daerah Tersebut..Anak Nilai UN 26 koma tidak bisa diterima karena Ortunya Cuman Ngontrak Rumah Dan Pedagang KelilingTidak Memiliki KK/KTP daerah tersebut..Dan Kedua Anak Tersebut Lulus Dari SD yang Sama..Bagaimana Keadilan Sistem Zonasi Yang BPK Menteri Terapkan .Apakah Ini Bukan Hal Ceroboh? Apakah Ini Untuk Memperkuat Politik ? Karena Bapak Berasal Dari Partai .Maaf Kalo Salah..

    Aries SAries S13 hari yang lalu
  • anak saya bilang....buat apa belajar serius dapatin nem gede tp ga ngaruh msk sma negeri aja ga bs krn kalah sama jarak....apa ga ngeuneus dgr koment anak sprt itu?tlg dong pa mentri y d pkr berjuta kali kl mo penerapan sistem zonasi sprt skrg....byk anak yg berprestasi ngedrop gara" sistem zonasi

    Sumardiono OnoSumardiono Ono13 hari yang lalu
  • 5:01 ya gini bu misal ibu udah berusaha sekuat tenaga terus kalah dengan yang gak berusaha gimana perasaan ibu sakit kan "Kerja keras tidak akan menghianati mu tapi mungkin menghianati impianmu"

    Mthoriq HariputraMthoriq Hariputra13 hari yang lalu
  • Saatnya dunia pendidikan hancur

    raditiya ezyraditiya ezy13 hari yang lalu
  • Dan bagaimana nasib kami yang jauh dari sekolah, mikir doong

    harrygustiana Panghegarharrygustiana Panghegar13 hari yang lalu
  • SISTEM ZONASI PPDB TIDAK MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA,,,,, INI SISTEM TUJUANNNNYA APA?,I

    Aditio CavaleraAditio Cavalera13 hari yang lalu
  • Mampus kau kaum cebong..... skrng protes, tp pemilu kalian pilih rezim ini.......

    Gunawan WibisonoGunawan Wibisono14 hari yang lalu
  • Semakin jauh rumah dari sekolah harus belajar lebih keras...lebih dekat rumah ke sekolah ga usah belajar..

    tanto mwtanto mw14 hari yang lalu
  • Kami harus siapkan anak kita supaya bisa bersaing kedepannya bukan hanya yg penting punya ijazah mereka butuh persaingan yg ketat supaya kedepannya berkualitas

    Darmadi RtDarmadi Rt14 hari yang lalu
  • Kami ingin sekolah berkualitas tinggi jangan korbankan anak kami sistem ini bikin drop anak kami

    Darmadi RtDarmadi Rt14 hari yang lalu
  • Tidak semua wilayah memiliki sekolah terdekat seperti ditempat kami jadi kami tidak bisa lolos melalui jalur jonasi apa anak kami tidak punya hak sekolah telek telek telek telek telek telek telek telek

    Darmadi RtDarmadi Rt14 hari yang lalu
  • Kasihan adik2 yg memang belajar dengan baik dan nilai tinggi

    Fatiha DwiFatiha Dwi14 hari yang lalu
  • Percuma pinter nemnya gede ga masuk.parah

    Sukarta 24Sukarta 2415 hari yang lalu
  • Kebijakan macam apa ini 😬😬😬

    Yoyom MaryamYoyom Maryam15 hari yang lalu
  • Nggk Perlu Pintar Nggk Perlu Bersaing Untuk Masuk Sekolah Negeri...500 m...Cukuplah hahahahahaha

    ARIESARIES16 hari yang lalu
  • Sistim rezim Edan...tidak melihat rakyat yg ekonomi nya sulit..otomatis kan mencari sekolah yg sesuai kemampuan nya. Zonasi UN jd mati. Bangun sekolah negeri tiap desa. Itu baru pakai zonasi. Yg merdeka china d indonesia.mau sekolahnya...mau ekonominya..hidupya betul2 merdeka china.

    Iman ManixIman Manix17 hari yang lalu
  • Sistem zonasi membuat anak didik yg ingin berprestasi gagal hanya karena jarak antara rmh dgn sekolah.

    Aden RendiAden Rendi17 hari yang lalu
  • Sebaiknya zonasi di sesuaikan dng daya tampung tiap2 zona, banyak daerah/kecamatan tidak sesuai lulusan smp dng daya tampung sma/smk dlm 1 zona kecamatan. Di daerah kami satu kabupaten/kota smp negeri ada 12 dng daya lulusan stiap sekolah rata2 8 kelas, sementara sma/smk cman 5, dng daya tampung sama 8 kelas/sekolah penerima, sisa anak2 7 lulusan smp x 8 kelas pada harus/wajib ke swasta untuk bisa melanjutkan sekolah, hal lainnya timbul hampir sebagiannya tidak mampu menyekolahkan anak2nya di swasta karena biaya yg tinggi.

    Manahen JatmikoManahen Jatmiko17 hari yang lalu
  • Ini sih membuat anak jd males belajar....

    Rina HayatiRina Hayati18 hari yang lalu
  • boleh zonasi tetapi hrs tetap mempertimbangkan nilai, baru adil..

    Sri WulanSri Wulan18 hari yang lalu
  • hidup pak jokowi👍👍👍👍😂😂

    ria riaria ria18 hari yang lalu
  • Ganti *MENDIKBUD* yg mempunyai *ETOS KERJA*

    SUMBANG KanSUMBANG Kan18 hari yang lalu
  • Tren terbaru : BUKA USAHA KONTRAKAN DISAMPING SEKOLAH. dijamin LAKU KERAS.

    Playon BaePlayon Bae18 hari yang lalu
  • Enakan zaman ku dulu,

    adipatihadipatih18 hari yang lalu
Kisruh Zonasi PPDB, Retno: Sistem Zonasi Tidak Begitu Mengutamakan Nilai UN