Mengenal Peta jalur Sutera Baru Tiongkok & Manfaatnya

Live streaming 24 jam: www.cnnindonesia.com/tv
Ambisi Tiongkok untuk membangun jalur sutera baru dalam One Belt One Road atau OBOR dilirik oleh negara-negara dunia sebagai langkah terbesar di abad 21 untuk membangkitkan perdagangan.
Megaporyek yang akan melintasi 65 negara dan menghubungkan antara Asia, Afrika hingga Eropa tersebut akan menelan dana mencapai US$ 8 triliun atau senilai Rp 113 ribu triliun.
Kolaborasi ekonomi terbesar di abad ini akan meningkatkan pengaruh tiongkok bagi perekonomian dunia lewat jalur darat dan laut.
Apa itu jalur sutera baru dan bagaimana pengaruhnya?
Ikuti berita terbaru di tahun 2019 dengan kemasan internasional berbahasa Indonesia, dan jangan ketinggalan breaking news 2018 dengan berita terakhir dan live report CNN Indonesia di www.cnnindonesia.com/tv dan channel CNN Indonesia di Transvision.
Dalam tahun politik sekarang ini dan menuju pilpres 2019, CNN Indonesia mencanangkan sebagai Layar Pemilu Tepercaya. Kami akan menayangkan konten-konten politik 2019 secara seimbang untuk mengawal demokrasi dan demokratisasi di Indonesia yang kami cintai.
CNN Indonesia tergabung dalam grup Transmedia. Dalam Transmedia, tergabung juga Trans TV, Trans7, Detikcom, Transvision, CNN Indonesia.com dan CNBC Indonesia.
Follow & Mention Twitter kami:
@myTranstweet
@cnniddaily
@cnnidconnected
@cnnidinsight
@cnnindonesia
Like & Follow Facebook:
CNN Indonesia
Follow IG:
cnnindonesiatv

Ditonton
19,055

Komentar

  • Ini adalah jebakan batman cina... Produk cina akan dipasarkan di Indonesia. Dengan harga murah.alias kw.dengan mudah melalui jalur laut maupun darat.... Dan produk Indonesia tidak di hargai lagi.. Di Indonesia...

    jack sparwjack sparw59 menit yang lalu
  • Terigat ya'ju ma'juj..

    yumi yumiyumi yumi2 jam yang lalu
  • Kalau hutang nya gak ke byar Indonesia jdi milik Tiongkok

    Dori RidoDori Rido4 jam yang lalu
  • Lau Indonesia sudah ada proyek obor hancurlah rakyat Indonesia. Karna Cina semakin banyak di Indonesia ampun dehhhh

    Dori RidoDori Rido4 jam yang lalu
  • cebong gk ngerti sola ginian ..kalau ekonominya drop kayak yunani venezuela kuba ..baru mingkem

    Helmi MaulanaHelmi Maulana15 jam yang lalu
  • trus? kau kira pendanaan itu 'free money ? pengalaman bercerita negara kita buruk dalam pengelolaan dana pinjaman, jika infrastruktur kemudian tidak berhasil mencapai titik minimal ROI untuk membayar kembali pinjaman tersebut kau kira siapa yang akan ambil alih pengelolaannya? ya pemberi pinjaman, terus rakyat kita hanya akan melongo melihat mereka menghasilkan uang ditanah negeri mereka sendiri seperti freeport.. masa depan yang lebih baik kau bilang? jangan dungu.

    BOB CPP2018BOB CPP201818 jam yang lalu
  • Knapa ibukota pengen dipindahin? Krna jakrta nantinya buat cina.. Ini sebabnya jokowi bertahan pengen di menangkan untuk proyek OBOR ini.. Kalo prabowo naik.. Nggk akan disetujui proyek ini

    jong javajong java20 jam yang lalu
  • Positive thinking saja... Kita bukan pakar Ekonomi, jadi kurang ngerti perkembangn dan dampaknya.. Saya yakin pakar ekonom indonesia saja..

    FINA RIQQOTUL AISYIAHFINA RIQQOTUL AISYIAHHari Yang lalu
  • TOLAK OBOR !!

    Nabila ImaniNabila ImaniHari Yang lalu
  • Hutang...hutang..., Rentenir nya makin Kaya

    irwansyah uchihairwansyah uchihaHari Yang lalu
  • Tolak proyek obor

    Erin SaputriErin Saputri2 hari yang lalu
  • Jalur buat orang kafir...

    Yani GumilarYani Gumilar2 hari yang lalu
  • bikin proyek One Belt One Road? maksudnya Jalur Sutra? Plz lah jalur sutra itu kan jalur yg dipake pedagang2 china untuk berdagang ke penjuru2 Asia. Kalo dibikin OBOR maka ekonomi china tambah menguat soalnya ada jalur yg mempermudah ekspor barang, apalagi ke Indonesia. Udah suruh kita yang bayar ampe maksa ngutang, bunga bejibun, ujung2ny yg untung china. Bngst

    Nicky 1101Nicky 11012 hari yang lalu
  • presiden china mengatakan "friendship" kenapa suku ighur di perlakukan tidak baik ????

    andi resmiyantiandi resmiyanti3 hari yang lalu
    • Ya karena mereka teroris

      Nofa SusantoNofa Susanto2 hari yang lalu
  • Amerika tetap pada pendirian tdk ingin gabung karna takut mempengaruhi ekonomi amerika

    Putri SetyowatiPutri Setyowati6 hari yang lalu
    • Amerika punya ambisi sendiri

      alden popalden pop4 hari yang lalu
  • Ini lah rezim nya para cebong. Ntr giliran merana. Bru nyesel. Dasar dungu

    Muslim LaskarMuslim Laskar6 hari yang lalu
  • Aku paling senang kalau membandingkan..kemajuan negara kita dan Cina...kayak langit ama bumi...tentu kita akan bilang kalau kita ini langitnya.....sebab kita lebih RELIGIUS...tempat2 ibadah dimana-mana... pengajian2 dimana2.. pakaiann kita juga sudah lain... karena sdh dekat ama sorga....hehehehehehehehe

    Tahu KupatTahu Kupat6 hari yang lalu
  • Ini kok ada yg ERROR ya, 110 sbelom masehi. Kerajaan islam.

    anita ayuanita ayu7 hari yang lalu
  • TOLAK PROGRAM OBOR.... KALO CINA MAU MEMPERLANCAR DAGANGNYA.... PEMBANGUNAN INFRASTRUKTURNYA HARUS DITANGGUNG CINA SENDIRI BUKANNYA DITANGGUNG OLEH NEGARA YG JADI JALUR PERDAGANGANNYA DENGAN UMPAN HUTANG YG DIBERIKAN... ENAK AJA MAU LANCAR DAGANG TAPI JALAN YG DIBANGUN OLEH NEGARA LAIN YG DIJERAT UTANG..... SEKARANG AJA PRODUK CINA GEMPUR DAN KALAHKAN PRODUK LOKAL, GIMANA KALO DAH ADA OBOR ???? REMUKLAH PRODUK LOKAL DAN UTANG LN MAKIN NUMPUK.....

    Umi EnihUmi Enih8 hari yang lalu
  • Welcome IndoCina..cuma bs nyelamatin diri sendiri dan keluarga sendiri kalo akhirnya indo berakhir seperti malay dan srilanka

    begin with Sbegin with S8 hari yang lalu
  • Jaman skrg tidak ada penjajahan langsung dgn senjata.... awalnya pasti dari utang dan perdagangan utk menguasai ekonomi selanjutnya dgn senjata utk memperkuat ekonomi

    Misnar LestariMisnar Lestari8 hari yang lalu
  • Semoga jokowi tidak terjebak oleh siasat Tiongkok

    Misnar LestariMisnar Lestari8 hari yang lalu
  • Ini mah dr segimana pun yg untung cuma cina..

    maz_ BLACKmaz_ BLACK9 hari yang lalu
  • TOLAK OBOR WOYYY DI INDPNESIA

    STyaAli FernandesSTyaAli Fernandes9 hari yang lalu
  • penjajahan gaya baru, negara indonesia akan tetap ada tapi bangsa indonesia entah kemana

    beni suardibeni suardi9 hari yang lalu
  • Menjajah suatu bangsa.. dengan pedang.. klu ngak.. dengan hutang.. habis lah kita ini

    Hasbi MaulanaHasbi Maulana10 hari yang lalu
  • Tolak 100% TIDAK ADA negara di dunia ini yang sukses akibat bekerjasama dgn TIONGKOK. Yang ada justru BANGKRUT dan akhirnya DIKUASAI TIONGKOK.

    WIDI MOKOWIDI MOKO10 hari yang lalu
    • Negara butuh mitra. Kalo gk mau bermitra siap siap kita di asingkan, supaya indonesia jd negara tertinggal dan mnjdi negara mati.. Pergerakan mata uang negara asing mempengaruhi mata uang kita..

      Carrol 25Carrol 2541 menit yang lalu
    • Makannya belajar jangan hanya bisa membenci memfirnah

      Nofa SusantoNofa Susanto2 hari yang lalu
  • Tidak ada pilihan lain kita harus perkuat diri diri kita dengan aqidan dan banyak berdoa meminta pertolongan Allah subhanahuwata'ala

    fauzan nabil studiofauzan nabil studio10 hari yang lalu
  • Semoga Pemerintah berfikir bijak dan obyektif untuk negara ini...bukan negara lain......parah.

    Agus PurwantoAgus Purwanto11 hari yang lalu
  • OBOR adalah ide cemerlang utk menggerakkan perdagangan dunia, dan satu2 nya solusi utk mmbawa kemajuan dan kemakmuran bagi dunia,, AS cm iri dan tdk mau di kalahkan cina,, tdk mau ikut obor, alamat melarat dan terbelakang,, 😂😂😂

    Rich PaoRich Pao11 hari yang lalu
  • Telivisi cina

    Hanafi Ibnu Sa.iHanafi Ibnu Sa.i11 hari yang lalu
  • Televisi cina

    Hanafi Ibnu Sa.iHanafi Ibnu Sa.i11 hari yang lalu
  • Hati hati dengan proyek ini... Klo sampai terjadi.. Ini akan terjadi penjajahan seperti di jaman singosari, dgn cara bikin jalur ini, Cina akan menjajah Indonesia,, saya berharap semoga proyek obor cina ini tidak terjadi di Indonesia.. Ayow kita sebagai rakyat indonesia bersama sama tolak proyek ini,,, karena cina itu LiCik ciiiiik LiCik sangat...

    Hari YantoHari Yanto11 hari yang lalu
    • Hidupmu dipenuhi kedengkian dan kebencian tobatlah

      Nofa SusantoNofa Susanto2 hari yang lalu
  • Indonesia tak butuh OBOR China, Indonesia bisa berdikari tanpa bergantung pd negara lain terpebih lagi China ✊✊✊💪💪💪🇲🇨🇲🇨🇲🇨

    Karya BrantasmalaKarya Brantasmala11 hari yang lalu
    • wkwkwkwkwkwkwk,,,,, harga sawit anjlok,, karet ancur, batu bara tak laku, dll,,,, kaoo ada solusi nyaa tak tonkkk,, 😂😂😂

      Rich PaoRich Pao11 hari yang lalu
  • siapkah saya ? siapkah kita? semoga pemerintah memang berpihak kepada masyarakatnya

    RAYARAYA11 hari yang lalu
  • semoga status perang dagang dunia khususnya ( AS & CHINA), tidak meningkat menjadi perang bebas... mengingat keduanya mempunyai investasi besar di negara kita INDONESIA.

    imam fathoniimam fathoni11 hari yang lalu
  • Akhirnya terlihat jelas kemana arah politik kita! CINA...

    Syarif KusnariSyarif Kusnari12 hari yang lalu
  • SAYA BENCI DG BERITA BERBAU CHINA..... APALAGI PROYEK OBOR ..... JALUR DAJJAL YG AKAN MERUSAK DUNIA .

    Ilham MalangIlham Malang12 hari yang lalu
  • JANGAN MAU DI BODOHIN CHINA..... PROYEK OBOR ADALAH AKAL 2AN CHINA.... SAMA DENGAN PENJAJAHAN MODEL BARU .

    Ilham MalangIlham Malang12 hari yang lalu
  • Import nya makin banyak kesini..

    Damast BaliDamast Bali12 hari yang lalu
  • Dan diindonesia , ada beberapa kelompok ingin mengurung diri dan tidak ingin Indonesia ikut berantisipasi dengan proyek ini ... Salah besar jika Indonesia tidak ikut berantisipasi ... Indonesia adalah negara berkembang ini kesempatan emas untuk membangun perekonomian dan memanfaatkan nya ,dengan catatan SDM berkualitas harus ditingkatkan guna daya saing yang nantinya akan semakin tinggi ... klow SDM masih kurang yaa dampaknya siap" dilindas oleh negara besar seperti China

    Ferdian Arjutama NarwanFerdian Arjutama Narwan12 hari yang lalu
    • SDM yg berkualitas akan sgt menguntungkan INDO di OBOR, kl SDM masih seperti sekrg ya paling jadi jongos org.

      646Lim646Lim9 hari yang lalu
  • Hutang lagi..Hutang lagi..jajah lagi..jajah lagi

    Habib PutriHabib Putri13 hari yang lalu
  • Gak bisa dipungkiri, kiblat ekonomi dunia akan belok ke china mainland.. USA aja mulai lelah dengan titelnya sebagai negara adi daya karena banyak problem di negaranya sendiri plus perang dagang dengan china mainland makin membuat USA sulit mempertahankan kekuasaan sebagai negara adi daya.. Selama pembiayaannya diambil dari bisnis to bisnis (perusahaan ke perusahaan) bukan goverment to goverment (pemerintah ke pemerintah) kedepannya akan baik-baik saja, jangan ambil dari APBN atau dana mengendap Indonesia (aset negara jangan sampai dijaminkan), biarkan perusahaan swasta yang mendanainya.. berfikiran positif adalah kebaikan paling mudah yang bisa kita lakukan.. Indonesia 🇮🇩 maju di masa depan ❤️

    ꦩꦫꦶꦱ ꦄꦪꦸꦩꦫꦶꦱ ꦄꦪꦸ13 hari yang lalu
  • Indonesia hebat dengan hutang, hutang itu gak akan memajukan negara, YaaAllah.

    Ronorenedot comRonorenedot com13 hari yang lalu
  • Siap perang dunia 3

    tsubasa animekutsubasa animeku13 hari yang lalu
  • bener kalo kata Cak Nun, Amerika bakal kaha sama Asia, Indonesia bakal jadi negara kaya, tapi kekayaannya bukan milik Indonesia..

    Spiral StaticSpiral Static13 hari yang lalu
    • iyaa lahh,, krn kaoo pemalas, penghayal , wajar sajee miskin,, hidup kaoo cm tgu bidadari syurga,, wkwkwkwkwkwk,,

      Rich PaoRich Pao11 hari yang lalu
  • Yang masih anti cina, buang jauh2 deh deh hape kalian, made in cina semua kan

    Renny Karisma DewiRenny Karisma Dewi13 hari yang lalu
    • Gagal paham kau...bukan anti cina tapi ANTI MONOPOLI CINA . Cina mau memonopoli semua ekonomi dijalur obor .

      jonni sihombingjonni sihombing12 hari yang lalu
  • Jalur sutra memasarkan produk KW

    Tri SupantoTri Supanto14 hari yang lalu
  • "Dan MANFAATNYA?". OBOR, 'One Belt One RULE', inilah awal daripada kehancuran, terbungkus oleh penawaran menggiurkan. Menyebut ini konspirasi pasti akan dihina pembelanya, selamat, kita sudah masuk kedalamnya. Menjelaskan ini dari segi ekonomi, politik bahkan agama di sini, di dunia maya tidak berujung penyelesaian, juga tidak merubaha apa". Pemerintah dan elite lah yang bertanggung jawab kedepan. Lillahita'ala.

    Fatur FajriFatur Fajri15 hari yang lalu
    • ASSLEE MALASIYA AJA TOLAK PROYEK ITU ... INDONESIA HEBAT SEKALI BEKERJA SAMA.. CUMA PEMERINTAH KOMUNIS YG NERIMA TU

      Erin SaputriErin Saputri2 hari yang lalu
    • +Rich Pao asw

      Raden TVRaden TV7 hari yang lalu
    • +Rich Pao halo kacung

      Fatur FajriFatur Fajri11 hari yang lalu
    • primitif kaoooo

      Rich PaoRich Pao11 hari yang lalu
  • siap-siap pengusaha menengah kebawah bakal kelibas oleh produk2 tiongkok/cina.....itu pasti!!!!!

    Yoc YonaYoc Yona15 hari yang lalu
  • Modus penjajahan gaya baru... Hmmm...

    Andra PrasetyaAndra Prasetya16 hari yang lalu
  • buat anda anda yg masih pake asing aseng, cina menjajah, koloni cina, bikin boneka cina, mindahin penduduk cina ke negara lain, islam bakal mati buat alasan untuk menolak gagasan besar ini, maaf ya, coba cari alasan yg lebih jelas dan substansial, ga hoax, ga asal cocoklogi kek orang bego yg ga pernah baca buku, padahal udh abad 21 tapi pikiran masih kek orang abad pertengahan. saya bukan bermaksud membela tiongkok atopun xi jinping yg menggagas, saya cuma mau dengar pendapat2 yg jelas kira2 apa kekurangan dari gagasan ini untuk indonesia dan dunia jika OBOR ini sudah selesai dibangun. gw nyari pikiran orang2 yg nolak buat membuka pikiran gw eh malah isinya osang aseng osang aseng, islam punah. heh islam ada emang karna efek perdagangan lewat jalur sutera jaman dlu, coba baca buku sejarah mengenai jalur sutera, penyebaran islam di seluruh dunia. coba ya klo mau komen nolak gagasan ini tu pake alesan yg jelas, ga asal cocoklogi. gini nih indon klo dikasih internet bukanya hoax & teori konspirasi yg kebenarannya belum tentu jelas. coba baca juga tentang "confirmation bias" ato sejenisnya gw lupa apa namany biar ngerti sekalian kenapa lu lu pada pada suka teori kont*lpirasi yg udh jelas belum tentu kebenarannya, kek orang bego sumpah liatnya, gw malu kadang baca2in komen2 lu pada. maaf bukannya pamer ilmu ato sombong, gw juga merasa masih cukup bego cuma menurut gw fenomena ini di indonesia jadi kek kanker, merusak pikiran orang banyak, ngeliatnya sedih. makanya seenggaknya gw mau berbagi ilmu yg gw tau biar kalian paham juga. makasih

    Faiz Muhammad PrasetyaFaiz Muhammad Prasetya16 hari yang lalu
  • Selamat indonesia dijajah

    Akorestu DinaroAkorestu Dinaro18 hari yang lalu
  • reporter : "kejayaan kerajaan islam pada masa pembangunan jalur sutera 140 sebelum masehi.." gak salah tuh ? kelas CNN lho ini...

    Barista BanditBarista Bandit18 hari yang lalu
  • Sayang sebelum prjoct jajah gaya baru selesai ..khilafah islam akan atau sudah bangkit... Islam dibuat benci sama ajaran agamanya sendiri, khilafah itu teroris radikal tp panjajahan gaya baru OBOR di pujiii abis abisan...konektivitas memajukan ekonomi???ekonomi siapa Ekonomi sang kuat.... bukan kita... iya tentu indonesia akan maju secara negara tp secara bangsa Sudah runtuh dan lemah dan hanya didikte. Sedang kita bisa punya mobil hp keren akan dianggap kaya... paling parah indonesia kelak ga akan ada namanya tarjo,edwin,ahmad,reza,annisa tp berubah jadi xing liu ,cong xing,liu kang dll

    Muhammad FadhliMuhammad Fadhli19 hari yang lalu
    • prkembangan global gak bisa di hindari... cina hnya merancang, dan di dkung bbrpa negara mju di dunia, jika kita mnolak ,, indonesia akan sprti kota tua atau kota mati. lalu rapuh. saya mrasa kita di pksa stuju dan hrs brlomba, brsaing, brpikir cpat. jkwi lah sosok yg mmpu mngatasi di era globalisasi ke dpan

      Rakha AdreanRakha Adrean6 hari yang lalu
    • +Muhammad Fadhli ooh kalau ngomong berdaulat itu gampang mas, tapi taukah masnya klo suatu negara itu butuh mitra untuk berkembang, utamanya soal perdagangan ekspor/import,, taukah mas nya klo China merupakan mitra ekspor produk Indonesia paling besar dalam kurun waktu 8-10 tahun terakhir ini,, oh iya tahu juga kah masnya klo Islam masuk ke Nusantara jg berkat adanya jalur sutra,, Selama secara ekonomi menguntungkan Indonesia knp tidak?

      Muhammad Ainsyar HarahapMuhammad Ainsyar Harahap7 hari yang lalu
    • +Rich Pao Habis ngedukung terus dibanting. Dasar bambank 😆

      SF CHNLSF CHNL11 hari yang lalu
  • Rezim jokowi ikut nandatangani mou....maka slamat indonesia d jajah china tiongkok.......anak cucu kita akan menikmati d jajah lagi lewat rezim jokowi

    Ghulam AlghifariGhulam Alghifari19 hari yang lalu
  • OBOR.( One Belt One. ROLD ) itu jebakan sangat halus untuk jajah negara lain,,,slamat indonesia d jajah tiongkok.

    Ghulam AlghifariGhulam Alghifari19 hari yang lalu
  • Ga bisa bikin peta masa sulawesi diatas kalimantan

    nama depannama depan19 hari yang lalu
  • Gini Masih ngeyel bela 01

    Mochammad MikrodMochammad Mikrod20 hari yang lalu
    • Ada salah 1 hadis mengatakan..utlubul ilma walau bissiin. Tau artinya apa??

      alden popalden pop4 hari yang lalu
  • Yajuuj majuuj

    Gwie Akhir MahendraGwie Akhir Mahendra20 hari yang lalu
  • 98 PART 2

    anak medananak medan21 hari yang lalu
  • 155 negara . yang siap bangkrut

    anak medananak medan21 hari yang lalu
    • buktinya Afrika skrg sdh mulai makmur, sebentar lg Indon bs lbh miskin dr Afrika dulu,, wkwkwkwkwkwk

      Rich PaoRich Pao11 hari yang lalu
  • Indonesia nanti apa yg di ekspor di jalur sutra? Lagi2 SDA nya bakal di hisap lebih cepat dan lbh massive

    Sun Wei JiaSun Wei Jia21 hari yang lalu
    • +Rich Pao bentar lagi juga ke lacak cuman bacot di sosmed

      Raden TVRaden TV7 hari yang lalu
    • +dewa khmer SDA nya bawa ke akherat , buat beli bidadari arabbbb 😂😂😂😂

      Rich PaoRich Pao10 hari yang lalu
    • +Sun Wei Jia gua akun asli bray gak kayak looo akun buzzer

      dewa khmerdewa khmer10 hari yang lalu
    • kok yg komen malah orang2 asing? dibayar berapa buat provokasi di Indo.., urus negaramu sendiri sana..

      Sun Wei JiaSun Wei Jia10 hari yang lalu
  • Ini adalah awal perang global karena pasti seluruh kekayaan negara terbelakang akan terhisap ke china, negara super power saat ini yaitu amerika tak akan membiarkan china berkuasa.

    thoriq nurrahmanthoriq nurrahman22 hari yang lalu
    • akan terjadi perang ekonomi dan indonesia bakal jadi santapan

      andi resmiyantiandi resmiyanti3 hari yang lalu
    • tak usah dagang dgn cina sajee,, trss produk2 Indon jual dgn AS dan eropah Jepang sajee,, selama setengah abad lbh, apakah AS, eropah dan Jepang mmbw kemakmuran bagi dunia,, ???

      Rich PaoRich Pao11 hari yang lalu
  • Tolak obor indonesia negara muslim terbesar Tolak obor

    cempaka Ayucempaka Ayu23 hari yang lalu
    • Lah baca sejarah mbaak ,Islam masuk ke Indonesia juga lewat jalur sutera .

      rahman 112rahman 11213 hari yang lalu
    • alesannya apa mba? serius saya nanya nih, sumpah, plis jangan bawa2 aseng aseng sama keruntuhan islam dlu ya, plis

      Faiz Muhammad PrasetyaFaiz Muhammad Prasetya16 hari yang lalu
    • Saya dukung ( Obor ) Ù©(๑`^´๑)Û¶

      Aーrーi 。。Aーrーi 。。22 hari yang lalu
  • Udh modern skrang mah ideologi sudah ada dan terbentuk, perdagangan udh lancar, ga perlu jalur sutra baru...akal2an aj ini mah....klo mw caplok akan di protes langsung masyarakatnya.

    yatman supriatmanyatman supriatman23 hari yang lalu
    • caplok ndasmu

      Rich PaoRich Pao11 hari yang lalu
  • Iyaa bener meningkatkan dan mempermudah perekonomian cina wkwkwk

    Mochamad YoghiMochamad Yoghi23 hari yang lalu
    • kalo tdk dpt untung, tak usah ikut program OBOR,, jgn pakai sarana2 infrastruktur OBOR,, ikut arabbb jual obat kuat dan naik onta atauu jadi kacung AS trs sajeeeee

      Rich PaoRich Pao11 hari yang lalu
  • mantab,dapat hutang baru

    tanuwidjaya adytanuwidjaya ady23 hari yang lalu
    • Klo tidak hutang tidak dapat modal, klo tidak dapat modal tidak bisa buka usaha, klo tidak buka usaha... Tetap miskin

      Aーrーi 。。Aーrーi 。。22 hari yang lalu
  • Cina yg bangun kita yg ngatur kok Gitu aj kok repot...

    T MindGameT MindGame23 hari yang lalu
  • .Jangan" gaji kartu pengangguran... Hasil proyek...??? Rupiah di ganti Yuan...

    Agus SeAgus Se24 hari yang lalu
    • lu knp ☺

      Ceu Dalief DaliefCeu Dalief Dalief20 hari yang lalu
    • Otak sak upil malu maluin komen...

      Janu PermanaJanu Permana23 hari yang lalu
  • Jebakan infrastruktur...

    nurdiansyah dedenurdiansyah dede25 hari yang lalu
    • Jangan kemakan jebakan omongan Amerika yg iri itu. Kita malahan harus manfaatkan hal ini

      Aーrーi 。。Aーrーi 。。22 hari yang lalu
  • Dengan adanya proyek BRI ini, yang sebelumnya disebut sebagai One Belt One Road, akan membuat mimpi Xi Jinping jadi kenyataan. Izin kalo saya boleh bilang, penguasaan total Aseng terhadap sendi-sendi perekonomian di Indonesia akan menjadi makin nyata lagi dan akan membuat negara melempem, sebab investasi terhadap Infrastruktur, material konstruksi, kereta api, jalan raya, mobil, real estate, serta besi dan baja. Singkatnya penguasaan ekonomi darat dan laut akan membuat Indonesia mati. Kalo kata pak Luhut, ini akan mengurangi angka kemiskinan karena akan mempekerjakan para buruh lokal, maka saya akan bilang. "Bahkan jika seluruh rakyat Indonesia kaya karena jadi buruh asing dan aseng, namun secara kenegaraan kacau, kas negara menjadi defisit bahkan bisa disebut miskin karena hanya memunguti pajak semata dari rakyat. Dengan kata lain, Indonesia tak akan bertahan lagi bila tak disokong oleh pajak rakyat yang super banyak itu. Sehingga akan muncul sebuah pertanyaan. 'Rakyat kaya Negara Mati, Mungkinkah?'. Nah itu kalo rakyat nanti betulan akan kaya. Lalu bagaimana kalo tidak? Akankah Rakyat dan Negara Akan Mati Konyol? Lalu yang tersisa hanya para penyembah para kapitalis Asing dan Aseng saja? Proyek setan Belt and Road Initiative ini perlu dipertimbangkan kembali Jenderal.

    Sahur Azis RekengSahur Azis Rekeng26 hari yang lalu
    • +Rafli Putra Affandy sy bukan 01 ataupun 02,, mengingatkan sebagai anak bangsa,,, ini proyek setan,,, neo penjajahan ,, sama halnya penjajahan belanda n jepang, "kenapa dulu indonesia terjajah sama kompeni padahal buanyak kerajaan2 hebat" coz adanya PENGHIANAT2 BANGSA YG MENJADI KACUNG2 PENJAJAH.....paham lho

      Sahur Azis RekengSahur Azis Rekeng8 hari yang lalu
  • Infra struktur nya untuk cina

    Kur AlipatanKur Alipatan26 hari yang lalu
  • OBOR RAKYAT..WKWK...

    Any SuxesAny Suxes26 hari yang lalu
  • 98 part 2 bakalan terulang rakyat akan bangkit dan lebih ganas hukum pemerintahan politik

    Transfomers UltimatumTransfomers Ultimatum26 hari yang lalu
    • Malingsia bangsa kuli China DAP tertindas kahkahakhakah ouchhhh 😭😆😆😂

      Transfomers UltimatumTransfomers Ultimatum16 hari yang lalu
    • Jelas mengancam kedaulatan NKRI .. jikalau pemerintah bego.. kemungkinan besar demo besar-besaran akan terjadi di berbagai daerah imbasnya orang cina di akan jadi korban liat aja

      Transfomers UltimatumTransfomers Ultimatum16 hari yang lalu
    • maksudmu apa? tolong jelaskan, serius nanya saya

      Faiz Muhammad PrasetyaFaiz Muhammad Prasetya16 hari yang lalu
    • Kenapa memangnya... Huh? Tolong anda jelaskan

      Aーrーi 。。Aーrーi 。。22 hari yang lalu
  • Strategis menjadi konsumen:(

    Ramdhan Muhammad RRamdhan Muhammad R27 hari yang lalu
  • Ada baiknya ada buruknya, jika di antara negara yg di lewati itu terkena masalah ekonomi akan terkena semua, dan untuk menangkal tiongkok menjadi pengendalai atau monopoli ekonomi kita perlu meyiapakan sdm, infrastruktur maupun tekonologi dan jlaur dagang yg lebih berkilau sperti kita menggeret australia untuk berdagang besar dengan kita dan memgikutkan australia dalam jalur sutra melewati negara kita dan memutus rantai jalur dari afrika dan asia selatan untuk berlabuh di pelbuhan Indonesia barat seperti palebuhan kuala tanjung sekaligus kuala tanjung adalah kawasan industri itu membuat kapal akan berlabuh ke kuala tanjung dan langsung ke tingkok tidak harus ke malaysia atau pun singapura , kita dapat mengambil alih peran tiongkok nantinya, itu akan membuat kita lebih berimbang dengan tiongkok, agar tiongkok tidak semena2 dalam hal ini, saya pikir itu semua akan terjadi jika program jokowi di teruskan, karena semua itu sudah berjalan sekarang tinggal kita menanti menjadi pengendali ekonomi,afrika asia selatan dan australia,, tentau dalam halal itu RI akan ikut mengucurkan dana besar

    milenial majumilenial maju27 hari yang lalu
  • Perhatikan petanya justru indonesia paling strategis, tinggal bikin barang produksinya, bukan malah import tp harus eksport produksi indonesia... cintailah ploduk ploduk indonesia...

    cangdotmaidotkemu dotkijegendadicangdotmaidotkemu dotkijegendadi28 hari yang lalu
    • +Nur Zunaidah sejak kapan gk dpt izin.. Justru indonesia di dukung keras untuk menciptakan karya,, cth mobil esemka,, msh dlm proses, msh dlm peninjauan produksi,, blom bs diriliskan saja kalian sudh teriak teriak mnyalahkan presiden.. Semua perlu persiapan untuk memenuhi kelayakan kosumsi

      Carrol 25Carrol 2537 menit yang lalu
    • +Akit Lie udah banyak yang bisa tapi gak dapat izin

      Nur ZunaidahNur ZunaidahHari Yang lalu
    • bacot lu za cintai produk indonenesia.itu hp,produk2 elektronik n kendaraan2 yg lu pake jg buatan luar negeri wkwkk...emang,y indonesia sdh bisa buat produk2 n kendaraan sperti itu tong??

      Akit LieAkit Lie6 hari yang lalu
  • Wahai putra putri bangsa yg cinta tanah air Indonesia, tlg comment ttg plus & minus ttg OBOR ini bg INDONESIA. Jgn sampai pemerintah salah ngambil kebijakan shg babak belur kita semuanya (mis : hutang, dlsb) Beraaat !!!

    Yuyu YuliawatiYuyu Yuliawati28 hari yang lalu
  • Jd, jalan toll yg dibangun utk kepentingan siapa ?

    Yuyu YuliawatiYuyu Yuliawati28 hari yang lalu
    • ^ya nnti pengantaran logistik di pulau jawa juga lewat laut ya, gausah pake truk lewat jalur pantura, ga efektif kan ya?

      Faiz Muhammad PrasetyaFaiz Muhammad Prasetya16 hari yang lalu
    • +Aーrーi 。。 bagus sih sebenarnya jalan tapi saya juga pernah baca artikel bahwa sistem logistik yang lebih baik bagi indonesia menurut pakar adalah dari laut karena indonesia negara kepulauan. Kalau keduanya diintegrasikan tentu sangat bagus.

      Syahel SouthSyahel South21 hari yang lalu
    • Untuk kepentingan masyarakatlah... Dan tentu bukan masyarakat yg bisa komplain macam kalian. Saran saya : buka Google map lihat jalan yg ada di Indonesia dan saling bandingkan jalanan pulau pulaunya, dan bandingkan dengan negara lain. Dan lihat bedanya. Indonesia tidak terhubung seperti jalan tol negara lainnya

      Aーrーi 。。Aーrーi 。。22 hari yang lalu
    • Kalbar kok msh menang jokowi

      yuanyuan22 hari yang lalu
    • Bertambah lg pekerja asing yg mayoritas di ambil dari cina Akhirnya berdampak juga dgn kami di kalbar Skarang di kalbar sudah benar2 susah untuk bekerja

      Kur AlipatanKur Alipatan24 hari yang lalu
  • Pantes Amerika ketar ketir terhadap 🇨🇳 china,

    Efa TriyatnaEfa Triyatna29 hari yang lalu
  • Njir selawesi di atas kalimantan :v

    Om BurhanOm Burhan29 hari yang lalu
  • Monopoli

    PLAY morePLAY more29 hari yang lalu
  • Di Negara China Tiongkok..sukunya sendiri Orang Uighur di Kekang Rezim Pemerintahnya ......Jangan mau dijajah Tiongkok.......Hati hati kepada Channel Penyusup Rezim Penjajah dan Perusak NKRI.☝️

    edy jaguar nomor1edy jaguar nomor129 hari yang lalu
    • cina seperti zombie apocalypse di mana 2 ada 😁😁😁😁😂

      E內森E內森12 hari yang lalu
    • Jgn lupa jg peringatkan ke 155 negara yg bergabung OBOR ... nanti semuanya pd di jajah Tiongkok ? ... kwk ... Diajak biar lancar berbisnis global malah ngeyel dan merasa akan dijajah ... sebaliknya negara yg jelas2 menyerang negara2 di timteng ( Irak, Libya, Afganistan, Suriah ) dan main boikot dan sanksi bg yg ga ikuti kemauannya malah dianggap pendamai dunia .... kacau deh ... kwk ...

      Joel sumbangJoel sumbang14 hari yang lalu
    • orang uyghur dari awal memang bukan sebangsa dengan orang2 cina kok. secara teknis mereka memang bangsa yg berbeda dengan suku2 cina lainnya di timur. tibet juga sama

      Faiz Muhammad PrasetyaFaiz Muhammad Prasetya16 hari yang lalu
  • penduduk cina sudah sangat banyak dinegaranya tidak tertampung dibutuhkan negara negara dibelahan dunia sebagai daerah koloni dengan jalan menggunakan ekonomi.

    RR29 hari yang lalu
  • Jalur v zombie

    henim pontianakhenim pontianak29 hari yang lalu
  • gak kebayang uang segitu banyak di letak di kmar kos gwa. !!

    amir fujiyamaamir fujiyama29 hari yang lalu
    • Kerja!!! Kerja!!!

      Aーrーi 。。Aーrーi 。。22 hari yang lalu
    • gk bakalan muat.

      tomp rockstomp rocks29 hari yang lalu
  • China itu luar biasa tapi dikucilkan diindonesia padahal harusnya dicontoh bukan diinjak

    Yandi NYandi N29 hari yang lalu
    • +Syahel South tahun 65 china di sembelih, darah diminum gadis2 kecil diperkosa payudara dipotong budaya, kultur, dan agama diberangus anda bertanya kenapa keturunan china kurang bersosialisasi ?

      dewa khmerdewa khmer10 hari yang lalu
    • +Syahel South orang asia memang seperti tertutup orangnya rata rata kita lohat jepang korea singapore mereka pun kurang bersosialisasi tpi untung kita masih bisa berbasa basi dengan org lain dipublik umum jadi jiwa sosial kita memang melekat dengan masyarakat

      Yandi NYandi N20 hari yang lalu
    • Kalau yang positifnya kita ambil seperti kerja keras dan cerdas mereka yang negatifnya kita kita tinggalkan seperti kurangnya bersosialisasi.

      Syahel SouthSyahel South21 hari yang lalu
    • Ruarr binasa 😲😲

      Chandra LukmanChandra Lukman22 hari yang lalu
  • Kok peta indonesia bagian tengah dan timur makin mendekati tiongkok nih kok bisa 🤔

    Hari MamontoHari Mamonto29 hari yang lalu
  • nkri anti kapitalisme

    Muhammad HadyanMuhammad Hadyan29 hari yang lalu
    • ketakutan amerika dan jepang cs ke china itu karena upaya mereka yg membuat seluruh dunia too much dependent menjadi less dependent ke mereka

      dewa khmerdewa khmer10 hari yang lalu
    • +Faiz Muhammad Prasetya Indonesia bs maju asal kalangan ubi jalar dan ubi rambat gak selalu digoblokin terus sama oligarkhi gak ada paham2nya dengan hukum akuntansi dan ekonomi gak paham dengan inflasi mata uang takut dengan utang gak paham dengan efisiensi energi dan longterm cost infrastruktur obor lbh ke pembangunan infrastruktur train freight jauh lbh murah biaya dari trucking mengurangi inflasi penduduk negara berkembang di masa depan

      dewa khmerdewa khmer10 hari yang lalu
    • cina sekarang udh ga pure komunis, jelas banget dgn adanya megaproyek ini. unsur2 komunis mereka mulai hilang, apalagi cina sekarang membuka perdagangan yg cukup bebas sekarang. coba baca tentang komunis dari sumber yg jelas dlu ya, bukan yg isinya komunis=ateis. its a different things ok?

      Faiz Muhammad PrasetyaFaiz Muhammad Prasetya16 hari yang lalu
    • amerika = kapitalis, china =komunis

      Arif SigitArif Sigit28 hari yang lalu
    • berarti nkri harus anti sama amerika bukan sama cina

      Ezar RachmanEzar Rachman29 hari yang lalu
  • kok papua ga ada di peta haha

    Enrico MEnrico M29 hari yang lalu
    • +Enrico M mas pt itu aja jual saham ke china

      Anna OktaviaAnna Oktavia2 hari yang lalu
    • +dedeari _s begonya kok natural wkww

      SF CHNLSF CHNL11 hari yang lalu
    • +dedeari _s papuanya indonesia, freeportnya asing. Kurang baca" nih orang

      Enrico MEnrico M12 hari yang lalu
    • +Enrico M lah papua emang bukan Indonesia? Ngape mesti di beli saham freeport, logika nye gimane si!

      dedeari _sdedeari _s12 hari yang lalu
    • dedeari _s saham mayoritas freeport sudah diambil Indonesia lewat PT Inalum mas, daridulu freeport milik asing, baru di era jokowi ini saham mayoritasnya bisa diambil alih. Jadi jangan asal ceplos jajah” deh

      Enrico MEnrico M12 hari yang lalu
  • Singapur bakal kejang kejang ni

    IG KU IGUN DJANOEARTA FLOW YA SOBATIG KU IGUN DJANOEARTA FLOW YA SOBAT29 hari yang lalu
  • Jalur lintas-dagang internasional itu adalah hal bagus dan bermamfaat, namun ketika suatu negara dipaksakan berhutang sementara hutang2 yang telah ada dibuat oleh pemerintah saja sudah sangat memberatkan, maka OBOR dengan "sutera" nya ADALAH KOPLAK....Emangnya itu gratis ??? (lebih dari 1.200 T). Tau nya...si pembawa acara video bhw "itu akan membawa dampak2 aneka ragam"..... TELAAH DULU...BENAHI DULU PEMERINTAHAN...BENAHI DULU SEGALA KECURANGAN2 SELESAIKAN SESI PEMILU....JGN TUMPANG TINDIH... Utk proyek di Sulawesi saja sdh terjadi berbagai masalah antara warga NKRI dengan Pendatang2 Tiongkok dan TK Tiongkok...konon lagi yg akan diteken oleh binsar luhut di target Jawa Barat...bukannya pesimis....boleh jadi org2 sunda bakal tergeser oleh org2 Tiongkok. Indonesia dg Ribuan Pulau ribuan suku berlandaskan UUD '45 dan Pancasila....bukan hal sederhana untuk spontan menyikapi dan menyatakan setuju utk MOU "sutera". Dukung prabowo yg berniat membatalkan MOU binsar luhut dg pihak OBOR... Ini bukan soal "anti China" dlsb....faktanya pasca reformasi dulu, terjadi regulasi menyongsong perdagangan bebas dunia....Kran impor motor2 China yg ratusan merk dibatasi hanya beberapa merk, ITU PUN FAKTANYA SASIS PADA GAK AKUR SEMUA... Daya Beli Rakyat/ ekonomi negeri YANG PERLU DITINGKATKAN....dg SDA yg ada di ibu pertiwi, MAKA SEPANTASNYA JIKA DIKELOLA DG BAIK, BERANTAS KORUP...MAKA RAKYAT INDONESIA MAMPU MEMBUAT PRODUK2 BAGUS SENDIRI....ATAU MEMBELI PRODUK2 TERBAIK SEPERTI "JAPAN" ATAU "KOREA"... Yang di "Welcome" besar2 an adalah KW China....ya ...mau tak mau kita terpaksa pakai 'Made in China", masalahnya "Daya beli" Rakyat SEMAKIN MEROSOT.... Mau "Tol Langit"....mau "Tol laut"...itu semua insyaallah baik dan mamfaat, NAMUN CERMIN DIRI DULU !!!

    Iwan KamilIwan Kamil29 hari yang lalu
    • yah.. konon.. konon.. lagi yg dipake, ya konon katanya alesanmu yg dipake ga jelas, tapi gw setuju klo kita juga harus sambil memperbaiki perekonomian dalam negeri, tapi klo ada proyek yg sangat menguntungkan demi perkembangan ekonomi kenapa engga?

      Faiz Muhammad PrasetyaFaiz Muhammad Prasetya16 hari yang lalu
    • Utk bisa mandiri dan menang bersaing dgn china gampang kok, kerja 3x, 4x lbh keras drpd orang china. Cuma mau gak..? Jgn komentar doank panjang2...

      swingvoterswingvoter29 hari yang lalu
    • tapi pilpres kok kalah melulu bro gimana ini apa itu sesuai ramalan raja Jaya baya bahwa ketika kelak datang akhirnya zaman maka orang pribumi tinggal 1/2 dan orang china 2x pribumi, orang bule / barat 2x pribumi

      StarWars RStarWars R29 hari yang lalu
  • Indonesia dalam bahaya

    opik gantengopik ganteng29 hari yang lalu
    • like what?

      Faiz Muhammad PrasetyaFaiz Muhammad Prasetya16 hari yang lalu
  • Org sdh pikir ke dpn bgmn majunya negara mrka kl kita di indonesia masih mau tdr trs trs trs dan cnth skrg org ingin membangun negara mlh di hina macam2 pokok macamlh.hmmmmm

    ESTINA 123ESTINA 12329 hari yang lalu
    • Tolak obor Komunis kejam sama.umat muslim Tolak komunis china

      cempaka Ayucempaka Ayu23 hari yang lalu
  • Kl OBOR jd, Singapore bakal keganggu ekonominya, Kapal bakal sepi lewat selat malaka wkwk

    Iron HeartIron Heart29 hari yang lalu
    • Kebanyakan micin lu

      Fuad CakFuad Cak22 hari yang lalu
  • Jangan sampai kena jebakan hiyahiyahiya

    Thoriq To thorThoriq To thor29 hari yang lalu
  • di saudi angkutan bus az sudah pake made in china

    Supri YatnaSupri Yatna29 hari yang lalu
  • Menit ke 1.36, kata dia, penyebaran Islam juga berlangsung melalui Jalur Sutera 140 Sebelum Masehi. What...!

    Pewarta KalselPewarta KalselBulan Yang lalu
    • Faiz Muhammad Prasetya gak bro ISLAM DI INDONESIA Masuk,bukan Dari Perdagang Jalur sutra,India maupun China,. Tapi DAKWAH para Ulama-Ulama utusan dari Yaman, Turkey ,. Yaitu: WALISONGO!..

      abdul -abdul -19 jam yang lalu
    • lah iya lah, anatolia, asia tengah, mesopotamia (irak), cina selatan, india, nusantara even sampe ke afrika timur itu ada islam karena efek perdagangan dengan negara2 islam yg melewati jalur sutra ya. ya memang jalur sutra katanya sudah ada dari abad 4 sebelum masehi ya tapi pikir pake logic aja, masa jalannya ga ada sampe zaman nabi Muhammad ada? masih ada ya bahkan sampe sekarang, makanya ada kota kayak baghdad, lahore, samarkand, bahkan malaka itu jadi rame dan besar karna ada yg namanya jalur sutera buat perdagangan lintas negara. ga ngerti dah gua sama pemikiran anda anda ini. emangnya klo nnti ada pertukaran budaya lewat jalur sutera yg baru, bukannya nnti tiongkok juga bakal kena pertukaran budaya? ya liat aja zaman dlu islam meluas itu apa ga karena pertukaran budaya/sosial? seenggaknya coba pikir dlu lah klo mau komen kek gini, ya makanya liat nnti sistem pengelolaannya klo ada yg merugikan indonesia kita juga sebagai rakyat berhak kok untuk menolak, klo mau nolak coba pake alasan yg substansial lah, plis

      Faiz Muhammad PrasetyaFaiz Muhammad Prasetya16 hari yang lalu
    • Hahaha reporter nya ngigau

      fadira desfita cahyani fadira desfita cahyanifadira desfita cahyani fadira desfita cahyani19 hari yang lalu
    • Islam bru muncul abad ke 7 bang😂😂

      T MindGameT MindGame23 hari yang lalu
  • Nah abis pemilu baru di angkat masalah ini

    Tiang listrik KonohaTiang listrik KonohaBulan Yang lalu
Mengenal Peta jalur Sutera Baru Tiongkok & Manfaatnya